Senin, 10 April 2017

3 Gempa Bumi Tektonik Terkuat Sepanjang Sejarah

3 Gempa Bumi Tektonik Terkuat Sepanjang Sejarah


1. Damghan (Iran)
Tanggal 22 Desember tahun 856 yang lalu, Iran diguncang gempa yang sangat dashyat. Gempa ini berpusat di Damghan salah satu kota di Iran, Saat itu gempa bumi yang terjadi di Iran ini berkekuatan 7,9 Skala Ritcher.

Bukan hanya merusak kota itu, Namun lebih parah lagi gempa itu membuat kota Damghan ini rata dengan tanah.

Gempa ini menelan korban jiwa yang sangat banyak yaitu sebanyak kurang lebih 200,000 jiwa meninggal dunia, diantaranya 45,000 Ribu tewas di Kota Damghan ini.

Dengan kekuatan gempa dan kerusakan yang dihasilkan oleh gempa tersebut, Gempa inipun disebut-sebut sebagai gempa paling mematikan yang pernah terjadi didunia.

2. Tangshan (China)
Selain di Damghan, gempa yang parah juga pernah terjadi di Tangshan salah satu kota di Cina.
Tanggal 28 Juli 1976, Cina mengalami goncangan hebat. Gempa terjadi sekitar jam 03:42 pagi dengan kekuatan 7,8 Skala Ritcher.

Setelah gempa berhenti, Sayangnya hal itu tidak berangsur lama. Karna disusul lagi oleh gempa berkekuatan 7,1 Skala Ritcher, Walaupun tidak separah gempa pertama namun gempa yang kedua ini berhasil meporak porandakan wilayah ini. Sangat kecil kemungkinan selamat dari gempa ini karena dalam waktu yang singkat terjadi dua gempa yang dahsyat.

Banyak bangunan yang hancur lebur sampai-sampai banyak juga yang tertimbun reruntuhan bangunan ini, Bahkan kala itu ada yang menyebutkan bahwa saat terjadi gempa banyak orang-orang yang terlempar hingga keudara.

Menurut data, Kurang lebih ada 255,000 jiwa tewas dan Ratusan ribu lainnya luka-luka. Bahkan ada yang bilang korban jiwa mencapai kurang lebih 750,000 jiwa.

3. Hokkaido (Jepang)
Secara Geografis jepang berada di Cincin Api Pasifik, Wilayah yang merupana Tiga Lempeng Tektonik Bumi dan yang berapi yang masih sangat aktif yang membuat wilayah itu sering terjadi gempa.

Oleh sebab itu hampir seluruh bangunan yang ada dijepang didesain khusus agar tahan dari gempa. Tercatat didalam sejarah bahwa Gempa Bumi Terkuat yang pernah terjadi salah satunya ialah dijepang pada tahun 1730 lalu.

Gempa ini berkekuatan 8 Skala Richter, Tentu lebih parah dari Tanghsan dan Damghan, Walaupun lebih kuat dari Tanghsan Dan Damghan namun syukurlah korban jiwa tidak sebanyak gempa di Tanghsan. Korban jiwa yang disebabkan gempa ini kurang lebih 137,000 jiwa tewas.

Hokkaido jepang memang terkenal akan Gempa dan Tsunaminya, Salah satunya ialah gempa yang terjadi ditahun 2003 lalu yang mengguncang Hokkaido jepang, Namun syukurlah korban jiwa tidak separah Gempa ratusan tahun lalu di Hokkaido.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar