Senin, 13 Juni 2016

Siapa Programmer Pertama Di Dunia?


  Apakah kalian tahu siapa programmer pertama di dunia? dengan adanya dia maka teknologi yang ada didunia ini ada. Namun banyak orang yang beranggapan bahwa Programmer identik dengan pria. Meskipun Programmer di gemari lebih banyak pria dari pada wanita namun apakah kalian tahu bahwa programmer pertama di dunia itu adalah seorang wanita. Ada Lovelance merupakan ibu programmer di dunia. Agusta Ada King, Countress Lovelance atau sering disebut Ada Lovelance merupakan wanita berkebangsaan inggris yang lahir pada 10 desember 1815 di London, Inggris.  Dia merupakan penulis dan matematikawan inggris yang terkenal atas komputer mekanika pertama. Penemuannya ini merupakan algoritma pertama yang dimaksudkan untuk proses pada mesin. Dengan karyanya ini dia sering sekali disebut sebagai Programmer pertama di dunia.

   Ada Lovelance merupakan putri dari George Gordon Byron dan Annabela. Sejak kecil dia tidak pernah mengenal ayahnya disebabkan ibunya bercerai dengan ayahnya ketika Ada masih berumur 1 bulan. Saat remaja Ada tertarik kepada matematika dan juga mesin karya babbage. Dia menerjemahkan artikel dari seorang matematikawan Italia Luigi Menabrea mengenai mesin dan inilah cikal bakal munculnya penemuannya. Kajian mengenai artikel ini dianggap sebagai komputer pertama di dunia. Kode pertama yang dibuatnya disebut algoritma pertama yang dikodekan untuk diproses di mesin.

   Penemuan mesin karya Babbage menjadi awal dari kariernya. Babbage merupakan matematikawan asal Inggris juga yang menemukan pendapat tentang komputer yang dapat di program. Ada kemudian membantu Babbage untuk memprogram mesinnya dengan menerjemahkan artikel Luigi Menabrea, seorang matematikawan asal Italia.

   Ada Lovelance meninggal disebabkan oleh kanker rahim dan juga pendarahan. Ada menginggal dunia pada 27 November 1852 pada usia 36 Tahun. Untuk menghargai jasanya maka dibuatlah nama pemograman yang dibuatnya dengan nama "Ada".

Tidak ada komentar:

Posting Komentar