Senin, 13 Juni 2016

Pengertian Gerhana Bulan Dan Matahari


   Menurut Wikipedia Gerhana adalah fenomena astronomi apabila benda angkasa bergerak kedalam benda angkasa lain. Seperti yang terjadi di indonesia pada tanggal 9 Maret pukul 2016 yang mengalami gerhana matahari total di beberapa bagian di Indonesia dan juga Gerhana Matahari Total yang terjadi hampir diseluruh indonesia. Hal inilah yang menyebabkan banyak turis yang ingin berkunjung ke indonesia untuk melihat gerhana matahari yang hanya terjadi setiap 30 tahun sekali saja. Gerhana Matahari terjadi ketika bulan berada di antara Matahari dan juga Bulan. Namun bulan lebih kecil dibandingkan matahari, Mengapa bulan dapat menutupi chaaya dari matahari sehingga menyebabkan terjadinya Gerhana Matahari Total. Itu disebabkan oleh jarak bulan yang relatif dekat dibandingkan matahari sehingga bayangan bulan mampu menutupi cahaya yang masuk kedalam bumi.
Gerhana Matahari dibagi menjadi beberapa jenis yaitu :
  1. Gerhana Matahari Total
    Gerhana ini terjadi disebabkan oleh bulan yang dapat menutupi cahaya matahari sepenuhnya sehingga menyebabkan cahaya Matahari tidak dapat masuk kedalam bumi. Pada wilayah yang terkena umbra pada gerhana ini akan menyebabkan seperti sore hari karena hanya sedikit cahaya yang masuk kedalam wilayah tersebut.
  2. Gerhana Matahari Sebagian
    Gerhana ini terjadi disebabkan oleh bulan yang tidak dapat menutupi cahaya matahari sepenuhnya sehingga hanya akan membentuk matahari yang berbentuk seperti sabit.
  3. Gerhana Matahari Cincin
    Gerhana ini terjadi disebabkan oleh bulan tidak dapat menutupi seluruh bagian matahari dikarenakan bumi sedang berada di dekat matahari atau disebut juga Perihelion sehingga ukuran matahari akan lebih besar dibandingkan ukuran bulan jika dilihat dari bumi.
  4. Gerhana Matahari Hibrid
    Gerhana ini adalah gabungan dari gerhana matahari cincin dan juga gerhana matahari total. Pada gerhana jenis ini di beberapa tempat akan mengalami gerhana matahari total dan di tempat lain akan mengalami gerhana matahari cincin.
Gerhana Bulan terjadi akibat Bumi yang berada diantara Matahari dan bulan. Sehingga menyebabkan cahaya matahari ditutupi oleh bumi dan menyebabkan gerhana bulan. Sehingga pada bagian bulan akan tertutup dengan bayangan bumi. Namun pada gerhana ini bulan masih dapat terlihat dikarenakan oleh pembelokan cahaya matahari yang terkena bagian atmosfer bumi sehingga bulan akan berubah menjadi merah. Pada gerhana ini kita dapat melihatnya dengan  mata telanjang dan tidak berpengaruh oleh tubuh kita. Gerhana Bulan dibagi menjadi beberapa jenis yaitu :
  1. Gerhana Bulan total.
    Gerhana bulan total dibagi menjadi 2 yaitu : - Gerhana Bulan Total Yaitu terjadi dikarenakan bulan akan tepat dibagian NTT sehingga pada bagian bulan akan menjadi merah namun tidak merata - Gerhana Bulan Total + Terjadi akibat bulan melalui titik pusat umbra sehingga membuat warna bulan menjadi merah merata.
  2. Gerhana Bulan Sebagian
    Pada gerhana bulan ini bumi tidak seluurhnya menghalangi sinar matahari dari bulan sehingga bulan masih tetap mendapatkan sinar matahari meskipun hanya sebagian.
  3. Gerhana Bulan Penumbra
    Pada gehana bulan ini Bulan terdapat di bagian penumbra sehingga menyebabkan bewarna suram.
Pada saat terjadi Gerhana akan ada bagian yang bernama Umbra dan Penumbra.
  1. Umbra adalah bayangan inti yang sangat gelap ketika terjadi gerhana
  2. Penumbra adalah bayangan kabur yang terjadi pada saat gerhana

 Karena matahari menghasilkan sinar Ultra Violet yang dapat membutakan mata dan membuat titik hitam pada retina sehingga untuk menghindari itu kita harus menjaga mata dari sinar Ultra Violet yang dapat merusak mata. Tata Cara Melihat Gerhana Matahari :
  1. Jangan Melihat dengan menggunakan Kontak mata langsung
  2. Jangan menggunakan Kacamata Hitam yang tidak memiliki pelindung dari Sinar UV
  3. Jangan memphoto Matahari ketika terjadi gerhana dikarenakan dapat merusak Lensa pada kamera.
  4. Gunakanlah kacamata khusus untuk melihat gerhana matahari sehingga kita dapat melihat gerhana matahari dengan jelas
  5. Pastikan kacamata gerhana yang akan kamu gunakan itu tidak bocor cahaya mataharinya sehingga cahaya yang bocor tersebut apat merusak alat optik kita.

Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=qvaHEbNHfCQ


Tidak ada komentar:

Posting Komentar