Jumat, 24 Juni 2016

Dibalik Fitur 360 Photos di Facebook

Istilah – istilah mengenai 360 sudah ngetren sejak dulu. Dimulai dari aplikasi camera 360yang jadi terkenal karena bisa merubah wujud cewek pas – pasan jadi super cantik dan cowok jadi super tampan. Dan baru – baru ini sebelum Facebook merilis fitur 360 photos di news feednya, booming virtual reality, si pintar pewujud imajinasi.



Dan satu dekade kemudian, Facebook merilis fitur terbarunya, yaitu Foto yang bisa dilihat dari segala arah atau 360 photos. Facebook membuat fitur ini karena mereka melihat kesempatan dibalik berkembangnya para produsen yang meluncurkan perangkat kamera dengan fitur video 360 derajat.

Facebook bisa – bisa aja ! Nah. Facebook dengan cepat mengambil kesempatan ini sebelum digunakan oleh rival raksasanya yang lain. Seperti dilansir pada newsroom.fb.com, untuk membuat 360 photos,

Untuk pertama kalinya, kini Anda dapat dengan mudah berbagi foto 360 derajat di Facebook. Cukup mengambil panorama dengan ponsel atau mengambil foto 360 derajat menggunakan aplikasi 360 foto atau 360 kamera, dan kemudian posting di Facebook seperti yang Anda lakukan dengan mengupload foto biasa. Dari sana, Facebook akan mengubahnya menjadi 360 foto bahwa orang dapat menjelajahi, mirip dengan bagaimana orang melihat 360 video di Facebook.

Oh ya, bagaimana caranya kita melihat foto 360 ?

Bila kamu menggunakan pc, kamu hanya tinggal mendrag dari dan ke kanan atau kiri. Dan bila kamu menggunakan aplikasi facebook di hp, kamu harus update latest version dari versi app Facebook kamu. Mudah kan.

Spesifikasinya:

FB iOS app v57+
iOS version >= 8, device year class >= 5S
FB Android app v80+
Android version >= 4.4, device year class >= 2013

Gue penasaran buat yang kaya’ gituan !

Informasi yang didapat dari Facebook, kamu bisa membuatnya dengan menggunakan aplikasi – aplikasi berikut.


360-Enabled Camera
Ricoh Theta S
Giroptic 360 Cam
Samsung Gear 360
LG 360 Cam
IC Realtech ALLie
360Fly
Panono

iPhone or iPad
iPhone 4S or newer
iPad mini 2 or newer
iPad Air and iPad Air 2
iPad Pro

Samsung Galaxy
Samsung Galaxy S5 or newer
Note 3 or newer
Photo Sphere Apps or Devices
Take a panorama using Street View, Google Camera, Cardboard Camera or Theta S.

Image-Stitching Software
Stitch images together using software like PTGui.

Peralatannya mahal – mahal yah, males banget. Tapi yang namanya mau ngehasilin foto yang paling bagus, kamu harus ngerelain uang jajan buat nabung dan beli salah satunya. Gak mau kan ketinggalan jaman ? Hihihi.

360 photos pertama yang dipost di Facebook adalah status 360 photos dari pendiri Facebook, Mark Zuckerberg, dimana foto itu diambil dari bagian atas One World Trade Center oleh Michael Franz dan Jonathan D. Woods. Foto itu bisa kamu lihat disini.

Dan untuk menjadi bagian dari 360 photos, kamu juga bisa ikut berkontribusi di Forum 360 photos di https://facebook360.fb.com/360-photos/ Emang terobosan yang menarik!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar